Gallery

Makalah Ilmu Alamiah Dasar

BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Untuk lebih meningkatkan wawasan siswa-siswi dan pendalaman terhadap ilmu alamiah dasar yang lebih luas lagi timbul rasa kecintaan terhadap ilmu ini, maka kami menganggap perlu untuk bisa lebih jauh mengenalinya.
Timbulnya rasa kecintaan dan keingintahuan terhadap ilmu ini akan berdampak positif sekaligus menjadi bekal dimasa yang akan datang.
Penyusunan makalah ini bertujuan supaya mengenali lebih jauh tentang ilmu alamiah dasar, tetapi tidak hanya sekedar mengenali dan diharapkan agar memahami serta menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

B. Rumusan Masalah
1. Menjelaskan Perkembangan IPA dan Teknologi
2. Menjelaskan Peranan IPA dan Teknologi dalam Memenuhi Kebutuhan Manusia
3. Membandingkan Perkembangan IPA dan Teknologi di berbagai Negara dalam Perspektif Sejarah

BAB II
PEMBAHASAN

IPA dan Perkembangan Teknologi
A. Perkembangan IPA dan Konsep Teknologi
Perkembangan IPA
Ilmu pengetahuan Alam berkembang dalam abad sementara manusia berusaha / mencoba menjelaskan mengenai benda-benda di alam sekeliling yang tidak diketahuinya. Bahan ilmu pengetahuan sangat banyak ragamnya, tetapi para ilmuan menemukan fakta, ia akan berusaha mendefiniskan secermat mungkin dengan cera pengukuran.
Ruang angkasa
Dengan berhasilnya misi Telstar I, banyak Negara yang ingin meluncurkan satelit, dalam beberapa tahun belakangan ini manusia telah banyak belajar tentang antariksa, banyak informasi yang diperoleh melalui satelit, Beberapa proyek pertamanyang perlu didirikan adalah pembangkit energy cahaya matahari, system komunikasi yang baik dan bengkel di ruang angkasa, serta kapal antariksa ulang alik.
Dalam pekerjaan ruang angkasa banyak menyangkut interdisiplin ilmu, kemudian membentuk menjadi multidisiplin yang kompleks.

B. Peranan IPA dan Teknologi dalam Memenuhi Kebutuhan Manusia
Setelah teknologi menempuh perkembangan amat pesat masa lalu hingga menyilaukan mata manusia, kini benar-benar orang mulai mempersoalkan akibat-akibat yang dibawa teknologi pada peradaban manusia sebagai keseluruhan, baik benturan teknologi terhadap nilai-nilai kemanusiaan, akibat-akibat fisik maupun benturannya terhadap tata lingkungan sebagai keseluruhan.
Contoh peranan IPA dalam perkembangan teknologi misalnya produksi-produksi kimia aada abad ke-19 dan awal abad ke-20 terutama berasal dari bahan-bahan alami, seperti alcohol, karet, atau batubara. Pad abad ke-20 kebanyakan industry kimia memproduksi plastic dan bahan polimer lainnya dari petroleum dan gas alam. Hal ini dimungkinkan karena pengetahuan struktur materi dapat membantu memahami sifat-sifat mekanik dan listrik magnit bahan-bahan.
Melihat kecenderungan dari berbagai tahap yang dialaminya, jelas bahwa teknologi menjadi harapan jika dituruti suatu haluan yang terarah pada usaha meningkatkan mutu kehidupan manusia, yakni usaha untuk mencukupi :
• Bahan pangan, pekerjaan bagi penduduk dunia.
• Bahan mentah dan energy bagi penduduk dunia disertai usaha penekanan pemborosan.
• Usaha untuk memberikan tempat bermukim yang layak bagi manusia (ini berarti memelihara kelestarian lingkungan)
Pada hakekatnya hal tersebut tidak lain daripada menempatkan teknologi dalam fungsi social yang wajar. Apabila hal ini bias dilakukan, teknologi dapat memberikan harapan yang cerah, oleh karena itu teknologi harus dapat merintis jalan kearah pengadaan pangan, sandang dan penyediaan pemukiman manusia tanpa merusak tata lingkungan.

a. Materi dan Energi

Seperti yang telah diketahui, sasaran Ilmu Pengetahuan Alam itu adalah alam semesta dengan segala isinya. Ilmu fisika memandang kesemuanya itu sebagai Materi dan Energi.

Energi dalam bentuk panas, misalnya dapat berubah menjadi energy bentuk lain, misalnya menjadi energy mekanik. Perubahan ini misalnya terjadi dengan mengubah air menjadi uap. Uap panas menekan menggerakan suatu baling-baling suatu turbin sehingga turbin itu bergerak. Gerakan turbin ini dapat digunakan untuk bermacam keperluan. Energi mekanik juge dapat berubah menjadi energy bentuk lain, misalnya energy listrik, dengan gerakan nya, energy mekanik memutar dynamo yang akan menghasilkan energy listrik.

Energi listrik dapat pula berubah menjadi energy cahaya dan energy kimia. Misalnya aliran listrik memijarkan bola lampu listrik dan menghasilkan cahaya. Berubah menjadi energy kimia yaitu dengan cara mengalirkan aliran listrik searah kedalam zat-zat kimia, misalnya pembuatan kalium klorat.

b. Prinsif Pembangkit Listrik

Listrik merupakan keperluan dalam kehidupan sehari-hari yang sangat vital pada zaman modern ini. Berikut ini adalah prinsif-prinsif pembangkit tenaga listrik yang perlu kite ketahui.
• Prinsif pembangkit tenaga air
• Prinsif pembangkit listrik tenaga nuklir
• Prinsif pembangkit listrik tenaga disel

c. Mesin-mesin

Salah satu alat yang sangat menakjubkan dan sangat membantu kerikehidupan manusia adalah mesin-mesin. Berikut ini dikemukakan beberapa jenis mesin:
• Mesin bakar
• Mesin diesel
• Mesin jet

d. Komputer
Dengan bantuan Komputer, apa saja dapat dilakukan manusia, misalnya : Telepon Ensiklopedia, Robot pelayan rumah tangga, dll. Sekarang ini, telah dirintis pula penggunaan computer untuk ahli bahasa, yaitu menerjemahkan langsung suatu bahasa ke dalam bahasa lain dengan menggunakan analisis suara.

e. Manfaat nuklir untuk kesejahteraan manusia

Sebelum membahas tentang manfaat nuklir sebaiknya kita tinjau dulu sifat-sifat umum dari sinar zat radioaktif, karena atas dasar sifat itulah manusia memanfaatkan nuklir.

• Pengaruh radiasi terhadap mahluk hidup
Sinar-sinar yang timbul dari suatu zat radioaktif, misalnya sinar gamma, dapat mengakibatkan: Kematian, Hambatan pertumbuhan, Perubahan sifat-sifat genetika, dll.

• Teknik nuklir untuk pemuliaan padi dan tanaman lain
Dengan menggunakan sifat sinar gamma yang mampu mengadakan mutasi gen dari biji-bijian, dapat dicari mutant-nya yaitu variasi hasil mutasi gen, yang menguntungkan bagi kehidupan manusia.

• Teknik nuklir untuk industry
a) Industri kayu, Kayu yang direndam ke dalam cairan bahan organic monomer, kemudian dikenakan sinar radisi sampai mongering akan meningkatkan mutu kayu.
b) Serat-serat tekstil baik dari bahan alam seperti kapas maupun serat sintetik seperti polyester, dapat diubah sifat-sifatnya sehingga lebih menguntungkan bagi kesejahteraan manusia.
c) Kulit yang dimasak menggunakan sinar radiasi, akan menghasilkan mutu lebih baik daripada cara yang biasa.
d) Pengawetan makanan, makanan diawetkan dengan cara membunuh kuman-kuman pembusuk dengan radiasi.

• Teknik Nuklir Untuk Kesehatan
Umumnya digunakan untuk mengadakan diagnosis dari suatu penyakit dalam, misalnya dengan sinar-X, namun seringkali tidak memberikan hasil yang begitu memuaskan dan mempunyai efek samping.

• Teknik Nuklir dalam Industri Radiografi
Dengan sinar-X dapat dilihat foto hasil rontgen terhadap tulang yang patah atau paru-paru, Prinsif yang sama juga digunakan terhadap industry konstruksi misalnya dengan sinar gamma diperoleh gambar yang menunjukan ada atau tidaknya kerusakan atau keretakan yang terdapat di dalam bahan bangunan tersebut

• Teknik Nuklir dalam Hidrologi
Umumnya zat-zat radioaktif dalam hidrologi digunakan sebagai penelusur, yaitu dengan memasukkan zat radioaktif ke dalam system sehingga dapat dideteksi tingkah laku air seperti arah kecepatan dan debit air.

f. Komunikasi

Pada tahun 1962, dunia dikejutkan oleh penemuan baru berupa siaran TV dan Radio melalui satelit buatan, Dengan komunikasi melalui satelit ini maka hubungan manusia seluruh dunia menjadi lebih mudah.
Perkembangan dunia komunikasi sebagai berikut :
• Percetakan
• Telegrafi
• Telepon
• Radio
• Cinema/ gambar hidup
• Televisi
• Satelit komunikasi

C. Perkembangan IPA dan Teknologi Bagi Kehidupan Manusia

a. Perkembangan IPA dan Teknologi dalam Penyediaan Pangan, Sandang, dan Papan

1) Penyediaan Pangan

Perkembangan dalam penyediaan pangan melahirkan panca usaha tani yang merupakan program pemerintah meliputi : Varitas unggul, pupuk, pestisida, pola tanam, dan pengairan.Pembuatan protein dari hidrokarbon juga memungkinkan penggunaan teknologi antariksa dalam penyediaan pangan di bumi, semua perkembangan ini memungkinkan melimpahnya pangan bagi kita semua.

2) Penyediaan sandang

Teknologi polimer seperti serat sintesis yang di gunakan sebagai bahan pakaian teksturnya lebih kuat daripada yang di buat dari serat alam karena mempunyai sifat mekanik yang tinggi dan dapat diatur.

3) Penyediaan Papan

Pembangunan gedung-gedung bertingkat, usaha manusia memanfaatkan lautan dan antariksa sebesar-besarnya melalui pulau-pulau buatan disertai peternakan, perikanan dan perkebunan laut dalam jangka panjang pemukiman dan antariksa kini tidak lagi dipandang musrahil.

b. Perkembangan IPA dan Teknologi dalam Peningkatan Kesehatan.

Cangkok jantung, cangkok mata serta penggunaan perunut radioaktif yang menunjukkan tempat-tempat sakit sudah diketahui dan menjadu kenyataan. Dewasa ini bidang teknik kedokteran sedang melakukan perancangan orang buatan yakni alat buatan yang ditanam di dalam tubuh untuk mengganti bagian-bagian yang sudah tidak bekerja dengan baik lagi.

c. Perkambangan IPA dan Teknologi dalam Penyediaan Energi

Dengan Perkembangan IPA dan Teknologi proses pengilangan minyak bumi dan pengambilan biji dapat lebih efisien, sehingga meningkatkan produksi. Disamping itu juga memanfaatkan energy dari sumber daya alam yang dapat diperbaharui ataun yang terus menerus ada.

d. Perkembangan IPA dan Teknologi dalam Perkembangan Industri.
KIni mesin tidak lagi dikendalikan oleh manusia melainkan oleh mesin lainnya.

D. Perbandingan IPA dan Teknologi di Berbagai Negara dalam Perspektif Sejarah

a. Perbandingan IPA dan Teknologi di Berbagai Negara Untuk Memperlihatkan Betapa Erat Hubungan Antara IPA dan Teknologi.

Perkembangan IPA dan Teknologi dinegara kita merupakan suatu masalah yang cukup sulit, karena Negara kita masih berada dalam posisis pemakai. Untuk Negara-negara maju, terdapat suatu kaidah bahwa untuk penelitian dan pengembangan, mereka menyisihkan sekitar 2-3% dari GNP untuk keperluan tersebut. Oleh karena itu mengenai perkembangan IPA dan Teknologi ini, hendaknya kita belajar dari apa yang terjadi di Negara maju.

Negara-negara maju memerlukan waktu untuk mengembangkan tradisi dalam penelitian IPA dan pengembangan teknologi, bila diperhatikan statistic antara Negara maju dengan Negara berkembang, perbedaan yang mencolok Nampak nyata adalah perbandingan jumlah mempower. Moravozik dalam bukunya: “ Science Development” menuliskan statistic jumlah perscientis jumlah per sejuta penduduk, dapat dilihat pada table berikut :

TABEL STATISTIK PERBANDINGAN MEMPOWER SCIENTIST DI SUATU NEGARA

No. Negara Scientis per sejuta penduduk
1. Amerika Serikat 2.500
2. Jepang 1.400
3. Jerman 1.100
4. Inggris 1.000
5. Kanada 900
6. Korea 230
7. Argentina 194
8. Kuba 150
9. Brazil 70
10. Meksiko 57

b. Permasalahan Alih Teknologi dari Suatu Negara dan Negara Lain

Yang merupakan hambatan utama ialah kurangnya tenaga-tenaga ilmiah dinegara berkembang. Selama Negara berkembang belum bias membangun masyarakat ilmiahnya, pemindahan teknologi belum dapat dilakukan bahkan telah sering terdengar tentang kegagalan yang dialami beberapa Negara dalam memepergunakan teknologi modern untuk membangun negaranya. Dengan mengimport teknologi dari beberapa Negara maju, maka beberapa Negara tertentu mencoba mengejar ketinggalannya. Pengembangan teknologi bukan saja harus di dukung oleh pengetahuan mengenai teknologi tersebut, tetapi yang lebih penting harus di dukung oleh cara berfikir yang berorientasi pada ilmu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s